Menu Content/Inhalt
Home arrow Articles arrow Skripsi Metris: PEMAHAMAN OPERASI BILANGAN PADA SISWA KELAS II
Skripsi Metris: PEMAHAMAN OPERASI BILANGAN PADA SISWA KELAS II Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 09 July 2012

PENERAPAN “METODE HORISONTAL” UNTUK MENINGKATKAN  PEMAHAMAN OPERASI  BILANGAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR PASIRKALIKI III KECAMATAN CIMAHI UTARA KOTA CIMAHI

Oleh:

LINA HERLINA

NIM. 060 45 69

ABSTRAK

 Operasi penjumlahan dan pengurangan sudah diperkenalkan di kelas I  SD, sedangkan perasi perkalian dan pembagian mulai diperkenalkan di kelas II SD. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa hasil pembelajaran perhitungan aritmatika dengan cara konvensional belum maksimal. Sehingga perlu dicoba metode perhitungan pendukung yang mampu membantu tercapainya kompetensi peserta didik yang ditentukan.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh gambaran umum tentang penerapan “Metode Horisontal” untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pelajaran matematika, operasi pada bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Subjek dari penelitian ialah siswa Kelas II SD Pasirkaliki III Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana “Metode Horisontal” dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika, operasi pada bilangan; mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika, operasi pada bilangan dengan menggunakan “Metode Horisontal”; mengetahui kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran matematika, operasi pada bilangan dengan menggunakan “Metode Horisontal”. Penelitian ini terdiri atas empat siklus pembelajaran yang dilaksanakan dalam waktu empat minggu. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dari setiap siklus mengikuti standar yang digariskan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Kerangka Dasar Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD dan MI, Mata Pelajaran: Matematika, Departemen Pendidikan Nasional (2006).

Instrumen pembelajaran yang digunakan adalah Lembar Kegiatan Siswa, Lembar Evaluasi Siswa, sedangkan instrumen pengumpulan data adalah Lembar Observasi Kegiatan Siswa, Lembar Observasi Kegiatan Guru, Lembar Angket Siswa, dan Pedoman Wawancara dengan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Metode Horisontal” dapat digunakan sebagai metode pendukung untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika, operasi pada bilangan di Kelas II. Siswa terlihat belajar dengan aktif dan gembira karena tertarik, menyukai, dan senang dengan penggunaan “Metode Horisontal”. Beberapa siswa terlihat begitu tertarik sehingga berinisiatif untuk mencoba sendiri penggunaan “Metode Horisontal” pada operasi bilangan yang belum diajarkan oleh guru pengajar. Hal ini diyakini akan meningkatkan daya pikir, dan khususnya lebih meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi pada bilangan.

 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

JURUSAN PEDAGOGIK

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

BANDUNG

 

Last Updated ( Monday, 09 July 2012 )
 
< Prev   Next >